Cerdas Cermat MPR


Untuk menanamkan dan mensosialisasikan nilai Pancasila, UUD NRI Tahun 1945 dan Ketetapan MPR RI, maka Sekretaris Jendral MPR RI mengadakan Lomba Cerdas Cermat MPR RI yang dilaksanakan serempak di seluruh propinsi yang ada di Indonesia mulai dari bulan Februari sampai dengan bulan September memasuki babak tingkat Nasional.
Materi yang diujikan adalah mengenai UUD NRI Tahun 1945, Pancasila, dan Ketetapan MPRRI. Lomba ini diperuntukan bagi pelajar SMA, MA, dan SMK sederajat di seluruh Indonesia.
Lomba cerdas cermat ini diawali dengan seleksi tertulis yang diadakan di seluruh kecamatan, kemudian dipilih 10 sekolah dengan hasil nilai tertinggi. Selanjutnya maju ke tingkat kotamadya, dari 50 sekolah yang lolos, diambil 18 sekolah dengan nilai tertinggi untuk maju ke tingkat selanjutnya. !8 sekolah ini akan diadu lagi tetapi dalam bentuk seleksi yang berbeda. Seleksi kali ini merupakan seleksi lisan.
Untuk di wilayah DKI Jakarta, seleksi lisan diadakan di LPMP DKI Jakarta, Pasar Minggu pada tanggal 10-13 Mei 2011. Alhamdulillah pada saat itu SMAN 12 Jakarta berhasil masuk ke babak 18 besar seleksi lisan. Pada saat penyisihan pertama, SMAN 12 Jakarta bertemu dengan SMAN 61 Jakarta dan SMAN 54 Jakarta. Dam hasilnya SMAN 12 Jakarta keluar sebagai juara pertama dan lolos ke babak semifinal.
Di babak semifinal, SMAN 12 Jakarta bertemu dengan SMAN 28 Jakarta, dan SMAN 42 Jakarta. Namun sayang, kali ini SMAN 12 Jakarta harus menyerah karena gagal masuk ke babak final. SMAN 12 jakarta menduduki juara kedua, sedangkan juara pertamanya adalah SMAN 28 Jakarta. Untuk itu, SMAN 28 Jakarta berhak melaju ke babak final. Tetapi dari segi nilai, SMAN 12 Jakarta juara 1 tingkat Jakarta Timur, dan juara 4 tingkat DKI Jakarta. Alhamdulillah ....
Di babak final, SMAN 28 Jakarta bertemu dengan SMAN 78 Jakarta dan MAN 5 Jakarta. Pada babak itu SMAN 28 Jakarta berhasil keluar sebagai juara pertama tingkat DKI Jakarta dengan total skor 120. Secara otomatis, SMAN 28 Jakarta adalah sekolah yang akan mewakili Jakarta di lomba cerdas cermat tingkat Nasional pada bulan September mendatang. Kita doa kan saja semoga SMAN 28 Jakarta dapat mengharumkan nama baik DKI Jakarta. Amin
Lomba seperti ini sangat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan dan pengetahuan para pelajar Indonesia. Karena mlalui lomba ini, diharapkan seluruh pelajar yang ikut berpartisipasi dapat mengimplementasikan dan mensosialisasikan 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.
Karena pada jaman yang serba modern seperti ini, tidak sedikit para pelajar Indonesia yang belum memahami dan menghayati isi Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. Padahal di dalam Pembukaan NRI Tahun 1945 terdapat cita-cita bangsa Indonesia, dan terdapat rumusan dasar negara Indonesia. Kalau generasi mudanya saja belum memahami dasar negara dan konstitusi Indonesia, bagaimana nasib Indonesia masa depan?
“Mari teman-teman budayakan 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara”

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar