Cabai Lokal vs Cabai Thailand

Cabai. Masyarakat Indonesia tak asing lagi sama cabai kan? Hampir semua lapisan masyarakat suka makan cabai. Apalagi dijadiin sambel. beeeeeeh enaaaakkkk. Tapi sayangnya, penggemar cabai harus urut dada, karena harga cabai lokal lagi melangit.

Tapi akhir-akhir ini, penggemar cabai bisa kembali menikmati rasa pedasnya sambal. karena ada cabai thailand!!! wawwww. Seperti namanya "CABAI THAILAND", yuuup cabai itu di impor dari thailand.

Cabai thailand itu rasa pedasnya sama seperti cabai lokal, tapi harga cabai thailand jauh di bawah cabai lokal. Harga cabai impor thailand itu sekitar Rp 26rb - Rp 35rb perkilo, tapi bandingkan dengan harga cabai lokal yang mencapai Rp 125rb perkilo. Wawwww jelas jau beda ya.

Makanya, ga heran kalo masyarakat sekarang beralih ke cabai thailand. Hal itu membuat para pedagang, apalagi petani cabai lokal merasa terpukul dan merugi. Pasalnya, cabai lokal sekaang jarang diminati karena harganya yang mahal.

Terus, gimana tindakan pemerintah menanggapi masalah ini? Masa barang lokal kalah bersaing dengan barang impor? Gimana kita mau mendongkrak produk dalam negeri coba? Apa ini dampak dari adanya perdagangan bebas ya temen-temen?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar